RENT A CAR and TOUR PACKAGE in JOGJAKARTA

READY TO SERVE WITH PROFESSIONALS

Candi Mendut

Candi Mendut adalah sebuah candi bercorak Buddha Candi yang terletak di Jalan Mayor Kusen di kota Magelang ini, letaknya berada sekitar 3 kilometer dari candi Borobudur.

Didirikan semasa pemerintahan Raja Indra dari dinastiSyailendra. Di dalam Prasasti Karangtengah yang bertarikh 824 Masehi.

Raja Indra telah membangun bangunan suci bernama wenuwana yang artinya adalah hutan bambu. Oleh seorang ahli arkeologi Belanda bernama J.G de Carparies kata ini dihubungkan dengan Candi Mendut.

Bahan bangunan candi sebenarnya adalah batu bata yang ditutupi dengan batu alam. Bangunan ini terletak pada sebuah basement yang tinggi, sehingga tampak lebih anggun dan kokoh.

Tangga naik dan pintu masuk menghadap ke barat-daya. Di atas basement terdapat lorong yang mengelilingi tubuh candi. Atapnya bertingkat tiga dan dihiasi dengan stupa-stupa kecil. Jumlah stupa-stupa kecil yang terpasang sekarang adalah 48 buah.
Tinggi bangunan adalah 26,4 meter

Hiasan yang terdapat pada candi Mendut berupa hiasan yang berselang-seling. Dihiasi dengan ukiran makhluk-makhluk kahyangan berupa dewata gandarwa dan apsara atau bidadari, dua ekor kera dan seekor garuda.

Pada kedua tepi tangga terdapat relief-relief cerita Pancatantra dan jataka. Dinding candi dihiasi relief Boddhisatwa di antaranya Awalokiteśwara, Maitreya, Wajrapāṇi dan Manjuśri. Pada dinding tubuh candi terdapat relief kalpataru, dua bidadari, Harītī (seorang yaksi yang bertobat dan lalu mengikuti Buddha) dan Āţawaka.

Induk candi terdapat arca Buddha besar berjumlah tiga: yaitu Dhyani Buddha Wairocana dengan sikap tangan (mudra) dharmacakramudra. Di depan arca Buddha terdapat relief berbentuk roda dan diapit sepasang rusa, lambang Buddha. Di sebelah kiri terdapat arca Awalokiteśwara (Padmapāņi) dan sebelah kanan arca Wajrapāņi.

Persis di sebelah candi Mendut terdapat vihara Buddha Mendut. Vihara ini dahulunya adalah sebuah biara Katholik yang kemudian tanahnya dibagi-bagi kepada rakyat pada tahun 1950-an.

Lalu tanah-tanah rakyat ini dibeli oleh sebuah yayasan Buddha dan di atasnya dibangun vihara. Dalam vihara ini terdapat asrama, tempat ibadah, taman, dan beberapa patung Buddha. Beberapa di antaranya adalah sumbangan dari Jepang.

Tertarik berkunjung ke Jogja saat liburan? Kami Djogja Enjoy Transport and Tour Service menawarkan paket wisata murah berkualitas dan rental mobil beserta sopir.

Selain itu, kami juga melayani akomodasi hotel, paket makan siang/malam, dan berbagai keperluan wisata lainnya. Untuk pemesanan anda dapat menghubungi kontak yang bisa dihubungi di sini.

Wanna get best holiday with cheap price but get to visit many beautiful place in Yogyakarta? You come to the right place. 

Djogja Enjoy Transport and Tour Service can give you interesting offers. We can provide you tour package promotions and rent cars for your holiday. With our best quality of service, we sincere hope your holiday will be fun and become one of your best memories .

We serve: Private Tour, Hotel Accomodation, Luch/Dinner/ Mineral Water, Tourism Entrance Ticket, Tourist Banners, Profesional Tour Leaders and Drivers. For reservations, click here.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

081226027885
081226027885